Trik n Tip Nama Domain

Sebelum memilih Nama domain akan lebih mudah bila kita sudah tahu pengertian nama domain dan pengertian niche. Mengapa Nama domain ini penting kita tentukan sebelum kita ngeblog? Apa aturan nama domain yang diperbolehkan? Bagaimana TIPS-TIPS dalam memilih nama domain?

 

Manfaat Nama Domain Yang Baik

  1. Nama domain yang baik dan bagus akan memberikan traffic pengunjung yang lebih banyak.
  2. Nama domain yang baik dan bagus bisa kita perjual belikan. Pada januari tahun 2000, muncul berita di www.detik.com (www.detik.com/net/200001/2000115113838.html) tentang Nama domain gusdur.com yang dijual dengan harga 10 ribu dolar AS atau setara dengan Rp. 100.000.000,-.
  3. Nama domain yang baik dan bagus akan mudah diingat oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan, maupun calon pembeli.

Apa Aturan Dalam Memilih nama domain?

Aturan pemilihan nama domain dapat berbeda tergantung aturan yang ditetapkan oleh badan pengelola domain, namun secara umum aturan yang berlaku adalah:

  • Nama domain hanya boleh menggunakan huruf, angka dan tanda minus “-”.
  • Spasi dan simbol lainnya, seperti garis bawah “_” tidak diperbolehkan.
  • Domain tidak boleh diawali maupun diakhiri dengan tanda minus “-”.
  • Nama domain pada umumnya selalu huruf kecil semua.
  • Maksimum jumlah karakter adalah 63, dan tidak termasuk ekstension TLD ([dot] com, [dot] net, [dot] org).
  • [dot] COM & [dot] NET minimum 2 karakter, [dot] ORG, [dot] BIZ, [dot] INFO & [dot] IN minimum 3 karakter, dan [dot] WS minimum 4 karakter.

TIPS Cara Memilih Nama Domain Yang Baik

1. Tentukan dulu alasan dan tujuan kita ngeblog.

Silahkan baca terlebih dahulu “Mengapa Alasan dan Tujuan Anda Ngeblog Penting?” untuk membantu menentukan tujuan anda.

a. Bila domain digunakan untuk personal sebaiknya gunakan nama kita sendiri atau bisa juga nama panggilan.

Contoh: gusdur.com | amienrais.com | megawati.com | jusufkalla.com | dll

b. Bila kita membuat blog untuk komunitas sebaiknya gunakan nama komunitas tersebut.

Contoh: bloggerpemula.info | blogindonesia.com | blogcatalog.com | dll

c. Bila kita membuat blog untuk promosi usaha/barang/jasa maka sebaiknya memilih nama domain yang berhubungan dengan usaha/barang/jasa yang ditawarkan atau nama perusahaan atau merk usaha.

Contoh: kita membuat blog untuk promosi jualan pulsa, maka sebaiknya nama domain kita adalah pulsa.com | pulsamurah.com | jualpulsa.com | dll

2. Pilih TLD sesuai dana yang kita miliki.

Bila kita punya cukup dana untuk membeli domain, maka sebaiknya pilih Top Level Domain [dot] com terlebih dahulu karena [dot] com lebih populer. Bila tidak ada, kita bisa menggunakan alternatif lain dan sebaiknya gunakan ekstensi nama domain Internasional (net | org | info | biz), karena penggunaan ekstensi nama domain internasional membuat blog maupun situs kita mudah diingat, umumnya nama domain (website/blog) itu adalah [dot] com, jadi jika kita menggunakan .org akan cenderung terasumsikan sebagai organisasi, jika dipergunakan untuk berjualan, akan berbeda maknanya.

Namun bila dana kita cukup banyak silahkan beli TLD lain untuk nama domain yang sudah kita gunakan. Tujuannya untuk menjaga kredibilatas usaha kita. Untuk menjaga-jaga pihak lain melakukan upaya kejahatan atau berusaha menjatuhkan usaha kita dengan nama domain mirip.

Contoh: misalnya kita mempunyai domainkita.com ada baiknya kita juga membeli domainkita.net | domainkita.org | domainkita.info

Untuk kita yang masih pemula dengan dana yang terbatas, silahkan membeli TLD [dot] info karena harga domain ini sangat murah namun tidak kalah dengan TLD yang lain. http://www.info.info/get/why.

Contoh: bloggerpemula.info dibeli hanya seharga $0.99 di godaddy.com untuk tahun pertama.

Note: Bila kita membuat blog untuk personal ataupun komunitas, tips berikutnya tidak perlu menjadi perhatian kita, namun bila kita membuat blog untuk tujuan promosi usaha/barang/jasa TIPS berikutnya akan membantu menentukan nama domain.

3. Nama domain sebaiknya kaya kata kunci (niche dan keyword potensial yang kita targetkan)

Silahkan baca TIPS memilih niche terlebih dahulu untuk membantu menentukan niche kita. Domain yang bagus biasanya mengandung keyword atau bisa dikatakan nama domain tersebut mempunyai hubungan dengan isi websitenya. Nama domain yang mempunyai keyword yang bagus biasanya lebih dominan berada pada halaman utama pencarian search engine. Misalkan kita ide websitenya tentang “pulsa” sebaiknya kita cek dulu di keyword tracker, untuk kata “pulsa” itu kata kunci apa saja yang banyak dicari dan berapa nilai per klik untuk iklannya, dsb.

Contoh: Bila niche kita adalah jual pulsa murah, maka kita bisa menggunakan keyword potensial yang berhubungan dengan niche tersebut sebagai nama domain. Pulsamurah.com | jualpulsa.com | pulsagratis.com | dagangpulsa.com | dan berbagai kemungkinan keyword potensial lainnya.

4. Nama Domain harus mudah diingat, diucapkan dan dimengerti

Nama domain hendaklah gampang diingat, namun sebaiknya diusahakan agar hurufnya tidak sulit untuk diucapkan dan mudah diketikkan. Karena itu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

a. Jagalah agar nama domain kita tidak panjang namun juga tidak terlalu pendek.

Kita dapat memiliki nama domain sampai 67 karakter termasuk ekstensi TLD. Untuk memudahkan orang lain mengingat nama domain kita, tentunya nama domain yang pendek yang perlu dipakai, tetapi untuk kepentingan promosi di mesin pencari kita perlu menggunakan nama domain yang lebih panjang. Semakin sedikit huruf suatu domain (paling sedikit 3 huruf), maka akan dihargai lebih mahal oleh para pembeli domain jika anda berniat menjualnya suatu saat nanti.

b. Hindari memakai angka sebagai singkatan dalam nama domain.

Misalnya 1 untuk mewakili one / wan, 2 untuk mewakili two / to, 4 untuk mewakili four / for, dsbnya. Meski mudah diingat, namun akan meningkatkan kemuningkan error atau salah mengetik di browser ketika diucapkan.

c. Gunakan nama domain yang unik, aneh bahkan yang lucu asalkan websitenya berisikan hal-hal yang menarik, terutama gratis.

Contoh: Nama Yahoo dan Google merupakan hal-hal yang asing terdengar di telinga kita, namun kata ini sekarang mempunyai arti yang penting bagi peradaban dunia, khususnya di internet, karena kata tersebut membuat suatu “ciri khas” tersendiri di internet.

d. Sebaiknya tidak mengandung www karena lebih meningkatkan kesalahan pengetikan dan pengucapan.

Contoh: www.wwwlagi.com , atau www.www-lagi.com)

e. Penggunaan tanda penghubung “-” sebagai alternatif.

Tanda penghubung minus “-“ adalah satu-satunya karakter selain huruf dan angka yang diperbolehkan, dan kita dapat menggunakan ‘-’ dalam nama domain kita, contoh: www.sapu-lidi.com . Kelebihan penggunaan tanda penghubung adalah akan lebih bagus dalam hal SEO. Mesin pencari akan lebih menghargai nama domain jenis ini daripada dua kata yang disambung menjadi satu. Kekurangannya adalah meningkatkan kemungkinan kesalahan pengetikan dan orang kadang lupa menggunakan ”-“.

Contoh : bagi orang yang tidak atau belum mengenal Google akan kesulitan dalam hal mengingat dan mengetikkannya pada address di browser, terkadang ada yang mengetikkan : gogle, gugel, googel, gogel dsb. Tapi khusus untuk Google dan situs-situs lain yang sudah terkenal, hal ini tidak akan menjadi suatu masalah yang berarti, karena ketika salah mengetikkan nama di browser, biasanya akan keluar website lain atau search engine yang akan mengarahkan pengunjung ke situs aslinya.

f. Untuk mudah diingat sebaiknya nama domain gampang di tebak, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan pengetikan.

Contoh : software.com | uang.com | antivirus.com

5. Dicari Oleh Banyak Orang

Apabila ingin cepat terkenal, coba buat suatu domain dari kata yang sedang ngetop saat ini, sedang dicari-cari orang di berbagai search engine, atau akan dibutuhkan oleh banyak orang.

Contoh : ada sebuah perusahaan yang akan mengeluarkan produk terbarunya dan diperkirakan produk tersebut akan booming dan laris di pasaran. Nah apabila produk tersebut dibuat websitenya maka kemungkinan besar website tersebut akan dikunjungi oleh banyak orang di internet untuk mencari keterangan produk tersebut.

6. Bila ada, cari nama domain yang sudah punya traffic bagus

Bila kita sudah menentukan niche dan keyword potensial kita bisa cari dulu di penjual domain yang sudah kadaluarsa, seperti freshdrop.net, dnforum.com, namepros.com, idomainsite.com, dsb. Sebaiknya cari domain yang mengandung keyword kita dan umurnya diatas 2 tahun atau lebih baik lagi jika ada yang pageranknya sudah tinggi.

7. Cek ketersedian nama domain berdasarkan niche dan keyword potensial.

Cek ketersedian domain dengan kombinasi dari niche dan keyword potensial. Hampir semua jasa hosting dan domain memberikan layanan untuk melakukan domain name check, namun kita bisa coba di http://www.register.com/

8. Cari kode kupon (coupon code) untuk mendapatkan diskon harga domain.

Untuk diskon di godaddy.com silahkan gunakan kode kupon godaddy berikut atau manfaatkan coupon code dari retailmenot atau dari forum.

9. Hindari pengulangan kata lebih dari 3 kali dalam nama domain, ini akan dianggap sebagai spam

Contoh : spam-spam-spam.com akan lebih baik jika seperti ini saja spam-spam.com

10. Pertimbangkan nama domain yang mirip dan salah ketik dari nama domain pilihan, dan gunakan Domain Forwarding untuk mengarahkan semuanya ke domain pilihan tersebut.

Contoh : Klikbca.com ada baiknya kita juga membeli domain yang mirip klik-bca.com | bcaklik.com | bca-klik.com

11. Hitung perkiraan harga nama domain

Dalam hal menghitung perkiraan harga suatu domain, untuk caranya bisa dilihat di situs http://www.webmasterworld.com/forum25/614.htm atau bisa mengunjungi situs http://www.swiftappraisal.com untuk memudahkan dalam hal penghitungan.

Namun apabila situsnya telah selesai dibuat, coba cek berapa perkiraan harganya di situs http://dnscoop.com dan silakan lihat statistik yang lainnya…

12. Nama Domain Harus Legal

Jangan menggunakan nama (atau kombinasi) yang sudah menjadi merek dagang jika kita tak ingin repot untuk pindah domain beberapa bulan berikutnya gara-gara dituntut oleh perusahaan yang namanya kita pakai.

13. Alternatif Lain

Hampir bisa dipastikan, nama domain pendek yang bagus telah dimiliki oleh orang lain. Kita dapat memakai alternatif lain dengan menambahkan kata seperti: ‘the’, ‘my’, ‘e’, ‘online’, ‘ku’, dan lainnya. Contoh: Untuk website yang menjual Bel Air Aromaterapi, jika nama belair.com sudah tidak tersedia, anda dapat menggunakan alternatif seperti www.belairku.com .

Trik n Tip Nama Domain | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Trik n Tip Nama Domain

Sebelum memilih Nama domain akan lebih mudah bila kita sudah tahu pengertian nama domain dan pengertian niche. Mengapa Nama domain ini penting kita tentukan sebelum kita ngeblog? Apa aturan nama domain yang diperbolehkan? Bagaimana TIPS-TIPS dalam memilih nama domain?

(more…)

Trik n Tip Nama Domain | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *