Tujuan Pendidikan Islam

  1. a.      Dasar Pendidikan Islam

Yang dimaksud dengan dasar disini adalah landasa Islam itu ditegakkan. Pendidikan itu mempunyai/memiliki dasar yang identik dengan ajaran Islam.

Adapun dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia adalah 1) Dasar Yuridis/Hukum, 2) Dasar Religius, 3) Dasar Sosial Psikologi. (Zuhairini, 1983:21).

  1. b.      Tujuan Pendidikan Islam

Tujuan akhir dari Pendidikan Nasional di Negara Indonesia adalah:

“Pendidikan Nasional bertujuan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan Nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi masa depan. Iklim belajar dan mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan budaya belajar dikalangan masyarakat terus dikembangkan agar tumbuh sikap dan prilaku yang kreatif, inovatif dan keinginan untuk maju” (GBHN, 1993:95).

 

Tujuan pendidikan Nasional yang disebutkan diatas juga merupakan tujuan pendidikan Islam, karena peningkatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana yang telah dimaksudkan oleh GBHN, dapat dibina melalui pendidikan agama yang intensif dan efektif.

Pendidikan Islam bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa tentang agama Islam dan bertaqwa kepada Allah SWT serta bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan agama Islam pada Sekolah Menengah Umum (SMU) bertujuan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi (Depdikbud, 1995:2).

Tujuan Pendidikan Islam | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *