Tujuan PTK

 

 

Sebelum melaksanakan PTK, tentu banyak guru yang menanyakan apa tujuan utama  dilaksanakan  PTK.  Untuk  menjawab pertanyaan tersebut,  berikut  ini disampaikan uraian dari tujuan PTK.

1. Meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru, mengingat masyarakat kita berkembang begitu cepat. Hal ini akan berakibat terhadap meningkatnya tuntutan layanan pendidikan yang harus dilakukan oleh guru. PTK merupakan cara yang strategis bagi guru untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan tersebut.

2. Meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan atau perbaikan praktek pembelajaran di kelas hanya tujuan antara, sedangkan tujuan akhir adalah peningkatan mutu pendidikan. Misal, terjadi peningkatan motivasi siswa dalam belajar, meningkatnya sikap positif siswa terhadap mata pelajaran, bertambahnya  keterampilan  yang  dikuasai, adalah merupakan beberapa

contoh dari tujuan antara sebagai hasil jangka pendek dari peningkatan

 

 

 

12 Penelitian Tindakan Kelas di SD

 

Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika

 

praktek pembelajaran di kelas. Sasaran akhirnya adalah meningkatnya mutu pendidikan (Kasihani, 1999).

3.   Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga

 

tercipta sikap  proaktif untuk  memperbaiki  pembelajaran,  berdasar  pada persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelas.

 

Tujuan PTK | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *