Tutorial UnBrick Android

Pada saat anda mengutak-atik ponsel android anda, pasti ada kemungkinan untuk ponsel android anda mengalami brick atau kerusakan pada ponsel android. Untuk unbrick android memang ada banyak cara dan cara-cara tersebut berbeda-beda tergantung dari tingkat brick ponsel android anda sendiri. Jika anda adalah penggemar ponsel android, pastinya anda sudah sangat akrab dengan yang namanya kerusakan pada ponsel android terutama yang bernama brick ini.unbrick android

Pada tutorial kali ini linkcerdas.com akan membagikan tips unbrick android. Brick pada android sendiri sebenarnya ada 2 type yaitu soft brick dan hard brick. Baiklah, sebelum anda melihat tutorial untuk mengatasi brick pada ponsel android, linkcerdas.com akan menjelaskan apa itu brick dan unbrick.

Pengertian Brick dan Unbrick Android

Brick android adalah masalah pada android yang disebabkan karena kerusakan pada software maupun hardware ponsel android itu sendiri sehingga menyebabkan ponsel android mengalami masalah pada saat menyalakan ponsel. Contoh brick pada ponsel android antara lain adalah:

  • Bootloop. Bootloop pada ponsel android adalah brick pada ponsel android yang berakibat pada booting android yang terjadi secara terus menerus atau restart terus menerus.
  • Blank Screen. Blank screen pada ponsel android ini ditandai dengan layar ponsel android hitam atau layar menyala, namun tidak terdapat respon pada ponsel android tersebut.
  • Ponsel android tidak bisa menyala.
  • Aplikasi sering menutup sendiri. Dan masih banyak yang lainnya.

Unbrick sendiri merupakan sebuah solusi untuk mengatasi brick pada ponsel android. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh si user untuk unbrick ponsel android mereka.

Cara Unbrick Android

  • Menggunakan software untuk mengatasi brick android. Banyak software yang menawarkan solusi untuk brick pada ponsel android anda dengan cara memflash ponsel android. Masalah brick pada ponsel android memang berbeda-beda tergantung dari merek ponsel android itu sendiri. Beberapa software yang bisa anda gunakan untuk mengatasi brick pada ponsel android adalah:

–          Samsung odin. Ini adalah software untuk flashing ponsel dengan merek Samsung.

–          LG-KDZ tools. Software ini adalah software khusus untuk memflash android merek LG.

–          SE FlashTool. Ini digunakan untuk flashing semua type ponsel Sony.

–          Micro Box. Kalau software yang satu ini digunakan untuk flash ponsel HTC.

  • Khusus untuk ponsel dengan merek Samsung, ada sebuah software untuk mengatasi brick pada ponsel android yang bernama One Click Unbrick.

Tutorial Unbrick Android Menggunakan One Click Unbrick

Sebelum mencoba tutorialnya, sebaiknya anda lengkapi terlebih dahulu software yang dibutuhkan untuk melakukan unbrick menggunakan One Click Unbrick.

Syarat Menggunakan One Click Unbrick:

  • JDK (Java Development Kit) sudah terinstal di PC anda.
  • Software One Click Unbrick sudah ada. Jika belum, anda bisa mendownloadnya melalui URL berikut ini:

Cara Menggunakan One Click Unbrick:unbrick android

  • Ekstrak software One Click Unbrick di computer anda. Kemudian copy file OneClick.java ke direktori OneClick/heimdalloneclick/resources/HeimdallPackage
  • Jika sudah, silakan buka oneclickloader.exe dengan Administrator. Caranya, klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  • Maka secara otomatis proses install akan berjalan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Akan terdapat interface dari oneclickunbrick. Kemudian hubungkan android anda ke PC dengan kabel USB. Pada software, klik tombol Unsoft Brick dan tunggu hingga proses unbrick selesai.
  • Maka android anda sudah tidak mengalami brick lagi. Namun jika masih mengalami brick, maka kemungkinan besar android anda mengalami hard brick yaitu terjadi kerusakan pada hardware ponsel android anda.

Demikianlah tutorial unbrick android untuk mengatasi brick pada ponsel android anda. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda dan anda bisa mengatasi kerusakan di android karena masalah software tersebut.

Tutorial UnBrick Android | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *