VIA Membuat perangkat USB 2.0 Bekerja Cepat pada Hub USB 3.0

Tidak diragukan lagi popularitas yang cepat langsung di raih oleh USB 3.0 daripada generasi terdahulunya USB 2.0. Seharusnya USB 2.0 memiliki bandwith maksimum hingga 480 Mbps yang berarti hampir setara dengan 60 MB/s untuk kecepatan transfer data, namun sayang, pada kenyataannya setiap kita menghubungkan USB stick atau jenis lain dari perangkat penyimpanan yang mendukung USB 2.0, maka nilai transfer tertinggi yang dapat dicapai hanya berkisar 30 hingga 40 MB/s.

Hal ini juga ternyata berlaku pada perangkat yang kompatibel dengan USB 3.0, dimana perangkat juga tidak mampu bekerja sesuai seperti seharusnya.

Bertolak dari kenyataan ini, VIA yaitu perusahaan yang selama ini dikenal dengan produk Chipset, motherboard dan industri CPU memutuskan bahwa sudah waktunya melakukan sesuatu untuk mengatasi keterbatasan ini.

Mungkin kurang relevan jika saat ini VIA memikirkan hal ini, namun mungkisn saja ini adalah salah satu bentuk strategi bisnis untuk mendapatkan tempat di pasar. Dan USB Hub Controller adalah salah satu cabang yang paling luas dalam industri komputer karena pada kenyataannya hampir semua motherboard komputer dan laptop memiliki kontroler Hub USB.

Saat ini sudah banyak motherboard dan laptop yang telah menggunakan kontroler hub USB 3.0 dari VIA. Pada setiap produk Via ini, setiap kontroller di sertakan dengan “USB2 Expressway Dedicated Bandwidth Technology,” dimana teknologi ini memungkinkan ketersediaan bandwith penuh untuk setiap port yang terhubung dengan perangkat USB 2.0.

Dengan kata lain, tidak hanya drive yang kompatibel dengan USB 3.0 yang dapat beroperasi secara Hi-Speed tetapi juga untuk perangkat yang menggunakan teknologi USB 2.0 akan mampu menyalin dengan kecepatan 60 MB/s.

Menurut Manajer produk dari VIA Labs Inc, Terrance Shih: “ VIA Labs pertama kali meluncurkan USB 3.0 di dunia pada CES tahun 2010, kemudian pada tahun 2011 memperkenalkan USB 3.0 Controller Hub generasi kedua yaitu VL811 yang dilengkapi dengan baterai pengisian USB, dan saat ini pada tahun 2012 ini VIA mempersembahkan inovasi terbarunya yaitu USB2Expressway.”

Dengan teknologi USB2Expressway, waktu transfer untuk proses menyalin antara dua drive USB 2.0 dapat di lakukan 5x lebih cepat karena teknologi ini mendukung untuk proses membaca dan menulis secara simultan.

VIA Membuat perangkat USB 2.0 Bekerja Cepat pada Hub USB 3.0 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *