Windows 8 Bangkitkan Era Kejayaan PC?

Perubahan besar yang akan diusung Microsoft di Windows 8, dipercaya akan mengembalikan lagi kejayaan personal computer (PC) yang kini stagnan.

Data terbaru dari IDC terbaru menyebutkan, pertumbuhan pengiriman PC di seluruh dunia selama 2011 bergerak lambat, dengan tingkat pencapaian 1,8 persen saja. Dan itu diprediksi akan terjadi kembali di kuartal pertama tahun 2012 ini.

Windows 8 memang akan dioptimalkan untuk tablet dan PC, namun Microsoft masih perlu untuk mendorong penjualan sistem operasi di perangkat PC tradisional (desktop), jika masih ingin mempertahankan marjin keuntungan.

Menurut IDC, bila Windows 8 dikombinasikan dengan faktor bentuk baru seperti ultrabook, bisa menjadi senjata yang ampuh untuk mewujudkan semua target tersebut.

“Tahun 2012 dan 2013 akan membawa perubahan signifikan bagi Microsoft dan komunitas PC,” tulis Jay Chou, analis dari IDC, yang detikINET kutip dari e-Week, Kamis (22/3/2012).

“Windows 8 dan ultrabook adalah langkah definitif dalam arah yang tepat untuk merebut kembali kejayaan PC. Janji Microsoft yang menghubungkan pengalaman tablet dengan PC untuk Windows 8, mungkin juga akan berjalan lambat. Karena masih masa percobaan,” lanjutnya.

Microsoft sendiri disebut-sebut akan merilis Windows 8 pada Oktober mendatang. IDC pun memproyeksikan penjualan PC bisa meningkat jadi 5 persen untuk 2012. Windows 8 untuk tablet memang hadir untuk menantang iPad, tapi berhasil mengembalikkan penjualan desktop itu adalah kesuksesan yang sesungguhnya.

Windows 8 Bangkitkan Era Kejayaan PC? | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *