Windows 8 pada Tablet akan didukung oleh NVIDIA, Qualcomm, dan TI

versi pertama dari Windows 8 untuk klien desktop akan hadir dengan perangkat tambahan yang di kembangkan untuk perangkat mobile dan yang diperluas dengan dukungan untuk teknologi touchscreens, juga akan menjadi yang pertama yang akan dimuat pada arsitektur ARM.

Dijuluki WOA (Windows on ARM), platform ini akan menawarkan fitur dan kemampuan yang sama dengan yang ditawarkan Windows 8 ketika dimuat di arsitektur x86/64.

Untuk memastikan bahwa Windows akan bekerja pada perangkat yang didukung oleh Sistem pada Chip (SoC), Microsoft telah bermitra dengan perusahaan yang membuat prosesor ARM.

Dengan demikian, Windows 8 akan dimuat pada perangkat yang memiliki fitur prosesor yang berasal dari NVIDIA, Qualcomm, dan Texas Instruments (TI).

Ketika datang ke pemegang lisensi ARM, masing-masing memiliki pendekatan sendiri terhadap pilihan fitur dan rancangan paket silikon lengkap, yang berarti bahwa ada perbedaan antara produk walaupun didasarkan pada CPU ARM yang sama

“Tidak ada pengalaman ARM tunggal, dan seperti telah kita lihat dengan sistem operasi lain, bahkan CPU ARM yang sama dikombinasikan dengan komponen yang berbeda, driver, dan perangkat lunak dapat menghasilkan berbagai jenis atau kualitas dari pengalaman,” jelas Microsoft Steven Sinofsky di postingan sebuah blog .

“Itulah sebabnya dari awal proyek WOA, kami telah bekerja dengan tiga pemegang lisensi ARM, yaitu : NVIDIA, Qualcomm, dan Texas Instruments. Masing-masing perusahaan akan membawa kontribusi sendiri untuk WOA”.

Versi baru dari Windows akan disetel agar sesuai dengan perangkat keras ARM, dan Microsoft tertarik untuk memastikan bahwa pengguna akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman besar,  terlepas dari perangkat 8 Windows yang mereka miliki.

Dalam catatannya, Sinofsky, menambahkan :   “Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa Windows re-imagined akan memberikan pengalaman terbaik dari chipset melalui firmware, perangkat keras, OS, aplikasi, dan akhirnya kepada orang yang berinteraksi dengan PC.”

“Ini adalah tingkat keterlibatan yang membawa serta tingkat baru untuk pekerjaan teknik kepada semua pihak yang terlibat. Pendekatan baru ini akan memberikan kombinasi pilihan untuk pengalaman yang unik dan pengalaman end-to-end yang handal sepanjang umur PC. “

Microsoft saat ini sedang bekerja pada rilis beta Windows 8, yang dijadwalkan akan hadir pada akhir bulan ini sebagai Preview untuk Konsumen Windows.

Windows 8 pada Tablet akan didukung oleh NVIDIA, Qualcomm, dan TI | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *