Wow, Robot Bisa Loncati Gedung 10 Meter

Teknologi robot makin mutakhir, termasuk robot yang satu ini. Sand Flea, demikian namanya, bisa melontarkan diri hingga mendarat di atas gedung setinggi sekitar 10 meter ataupun ke area perbukitan.

Sand Flea dikembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), lembaga yang bernaung di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pembuatannya dikontrakkan pada Sandia National Laboratory.

Sand Flea sudah dikembangkan cukup lama, namun sekarang makin canggih sehingga bisa melompat lebih tinggi. Tidak dijelaskan seperti apa detail teknologi yang memungkinkan Sand Flea mampu melompat setinggi itu, barangkali karena masuk rahasia militer.

Robot mini yang dikendalikan dengan remote kontrol ini bisa melakukan sekitar 25 kali lompatan sebelum dayanya habis. Dia didesain sedemikian rupa sehingga pendaratan cukup mulus dan tidak sampai merusak bodinya.

Dilansir Geek dan dikutip detikINET, Senin (16/4/2012), Sand Flea dibuat untuk keperluan militer. Rencananya si robot bakal diterjunkan ke medan perang seperti Afghanistan sebagai mata-mata. Ya, ia dibekali kamera untuk mengintai situasi sekitar.

Dengan kemampuan melompatnya, si robot dapat bersembunyi di tempat-tempat yang tinggi. Ia memang juga dirancang dengan roda yang dapat menyusuri medan yang cukup berat.

Wow, Robot Bisa Loncati Gedung 10 Meter | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *