ZiiLabs Meluncurkan Media 100 CPU-core ZMS-40 untuk Android 4.0

ZiiLabs, yaitu anak perusahaan milik Creative Technology, baru saja meluncurkan Android baru versi 4.0 yang telah dioptimalkan media prosesornya yang dikemas dengan core 1.5 GHz ARM Cortex A9 dengan 96 “StemCell Media Processing” untuk membangun teknologi baru yang di sebut  100 CPU-core.

Menurut Ziilabs, hasil akhirnya adalah sebuah prosesor yang dapat memberikan dua kali lipat kinerja dari chip sebelumnya yaitu ZMS-20 dengan konsumsi daya separuh lebih sedikit dari sebelumnya.

Aset terbesar dari  ZMS-40 adalah sistem array dengan 96 Media StemCell yang sepenuhnya diprogram untuk pengolahan core yang harus mampu memberikan kekuatan komputasi 58 GFLOPS dan dukungan kerangka 1,1 OpenCL.

Sistem array StemCell core juga digunakan ziilabs untuk pengolahan gambar, akselerasi hardware video, decoding video, pemrosesan audio yang canggih dan tugas-tugas lainnya. Teknologi ini didukung OpenGL ES 2.0 dengan daftar video codec (daftar Ziilabs HEVC, H.264, VC1 dan WebM). Sedangkan untuk resolusi maksimum layar dapat mencapai 2560×1600.

Media prosesor Ziilabs ZMS-40 dapat mengakses hingga maksimal 2 GB sistem memori melalui lebar bus memori  64-bit, termasuk dukungan untuk HDMI 1.4a yang memungkinkan pemutaran video 3D pada monitor eksternal (1920×1080 @ 120 Hz)

Menurut Hock Leow, Presiden Ziilabs:  “Teknologi ZMS-40 adalah kelanjutan strategi yang melampaui kemampuan prosesor, platform hardware dan solusi perangkat lunak yang memungkinkan mitra kami untuk membuat perbedaan dan memenangkan pangsa pasar di kelas Tablet Android.”

Presiden Ziilabs menyimpulkan tentang teknologi ini dengan pernyataan : “Inovasi ini adalah jawaban dari tuntutan pelanggan dan kami telah siap untuk pasar dengan solusi ZMS-40, dan software Android  terbaru dari kami (JAGUAR)  yang memberikan fitur dan hasil kinerja yang  fenomenal.”

Untuk saat ini, Ziilabs telah mengumumkan rencana untuk menggunakan prosesor ZMS-40 dalam sebuah media Tablet Android 4.0 yang akan ditujukan pada pasar Cina dan dikatakan bahwa perangkat ini memiliki desain fitur ultra-Slim dan Ultralight.

Produk terbaru ini akan dipamerkan dalam pekan CES bulan Januari ini. ZiiLabs berencana untuk menampilkan beberapa Tablet Android 4.0 (ICS) beserta desain-kit yang didasarkan pada ZMS-40.

ZiiLabs Meluncurkan Media 100 CPU-core ZMS-40 untuk Android 4.0 | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *